Rabu, 29 Juni 2011

review

Analisis Vessel Monitoring System (VMS) untuk Mendukung Produktivitas Penangkapan dan Keselamatan di Laut Kapal Purse Seine di PPP Bajomulyo Juwana Kabupaten Pati.

Secara umum Sistem Pemantauan Kapal Perikanan Vessel Monitoring System (VMS) merupakan salah satu bentuk sistem pengawasan di bidang penangkapan dan pengangkutan ikan, dengan menggunakan satelit dan peralatan transmitter yang ditempatkan pada kapal perikanan guna mempermudah pengawasan dan pemantauan terhadap kegiatan/aktivitas kapal ikan berdasarkan posisi kapal yang terpantau di monitor Vessel Monitoring System di pusat pemantauan kapal perikanan Fisheries Monitoring Center (FMC) di Jakarta atau di daerah di Unit Pelaksana Teknis (UPT). Terpantaunya posisi kapal karena transmitter yang dipasang di kapal memancarkan data posisi kapal ke satelit, diolah di Processing Center, kemudian disampaikan ke pusat pemantauan kapal perikanan.
Materi yang diguanakan dalam skripsi ini adalah kapal Purse seine berukuran diatas 60 GT yang sudah menggunakan dan yang belum menggunakan VMS. Metode yang digunakan adalah deskriptif yang bersifat studi kasus dengan melakukan pengamatan langsung dilapangan dan wawancara. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Analisis data secara kualitatif (deskriptif) dan kuantitatif.
Hasil identifikasi penggunaan Vessel Monitoring System (VMS) di PPP Bajomulyo Juwana terdapat 101 kapal Purse seine yang berukuran diatas 60 GT, yang sudah memasang Vessel Monitoring System (VMS) sebanyak 82 unit kapal dan yang belum memasang Vessel Monitoring System (VMS) sebanyak 19 unit kapal. Penggunaan Vessel Monitoring System (VMS) di PPP Bajomulyo Juwana sudah optimal karena 81% kapal yang berukuran diatas 60 GT sudah memasang Vessel Monitoring System (VMS).

Sumber Referensi Skripsi :
Arifia Hidayah. K2C 006 017. Analisis Vessel Monitoring System (VMS) untuk Mendukung Produktivitas Penangkapan dan Keselamatan di Laut Kapal Purse Seine di PPP Bajomulyo Juwana Kabupaten Pati. Tahun 2010. Universitas Diponegoro. Semarang.

Tidak ada komentar: