Minggu, 09 Januari 2011

topdal


TOPDAL
TOPDAL: ADALAH SUATU ALAT UNTUK MENGETAHUI KECEPATAN KAPAL
MACAM-MACAM TOPDAL:
1.  TOPDAL TANGAN
2.  TOPDAL  MESIN ATAU TOPDAL TUNDA
3.  TOPDAL MODERN ATAU TOPDAL LISTRIK
1.      PERALATAN TOPDAL TANGAN
  1. CHIP:
SEBUAH POTONGAN PAPAN KAYU BERBENTUK JURING  SEBUAH BAGIAN DARI SEBUAH LINGKARAN, DENGAN SISI-SISI DARI JARI-JARI LINGKARAN, DENGAN SISI-SISI DARI JARI-JARI LINGKARAN, DAN SISI YANG LAIN ADALAH BUSURNYA, YANG MEMPUNYAI DERAJAT SEBESAR KIRA-KIRA ANTARA 450 SAMPAI DENGAN 700.
  1. TALI TOPDAL
SAMA DENGAN TALI PERUM  SIMSON TILLER ROPE NO 8
  1. JAM PASIR ATAU STOP WATCH
2.      TOPDAL MESIN ATAU TOPDAL TUNDA
JENIS-JENIS TOPDAL TUNDA
     1. NEGUS TAFERAIL LOG
     2. WALKER’S CHERUB LOG
PERALATAN
     A. APUNG-APUNG/BADAN BALING-BALING YANG DILENGKAPI DENGAN BUAH SIRIP
     B.  TALI TOPDAL DENGAN RODA PENERUS /RODA BALING-BALING
            DAN  PEMBERAT
     C.  PESAWAT PENGHITUNG/LONCENG

3.      TOPDAL MODERN ATAU TOPDAL LISTRIK
JENIS-JENIS TOPDAL LISTRIK/MODERN
1.      MENGGUNAKAN TABUNG PITOT
A.    PITO-METER LOG
Semua topdal Pitot ini adalah Topdal-topdal tipe tekanan: yakni tergantung pada selisih antara tekanan antara tekanan normal dari air yang terjadi oleh dalamnya pesawat di bawah air dengan tekanan yag disebabkan oleh kecepatan kapal di air.
Peralatannya: Alat perlengkapan Bahari/hull fitting, tabung U berisi air raksa, transmitter kecepatan, indiaktor kecepatan, transmitter jarak, regeister jarak
B.     SAL (SVENSKA AKTIOBOLAGET LOGG)
Bagian utama: pesawt topdal/log apparatus, kotak pengatur/regulator box , dan recorder kecepatan dan jarak
2.      MENGGUNAKAN BALING-BALING KECIL
TOPDAL CHERNIKEEF
Bagian utama: Mekanisme penggerak/impeler mechanism, Transmitter, recorder jarak, kotak penukar arus dan lampu/switch and lamp box, indikator kecepatan

    
    
    







 























1.  Pipa Pitot
2.  Pipa Statis
3.  Ruang Hembus
4.  Tuas
5.  Kontak Anchor Electric Motor
6.  Kontak Pengatur (Roda Gigi-Reostat)
7.  Indicator Kecepatan Dan Jarak

Tidak ada komentar: